Baitul Ma'mur's blog

Menapaki Hidup Sejahtera Dunia Akhirat.

Hal-hal yang Membantu Kesabaran

Posted by masjidbaitulmamur pada 28 Juni 2010

Tidak disangsikan lagi bahwa kesabaran merupakan kebutuhan pokok dalam agama sekaligus kewajiban syariat. Namun demikian, kesabaran pahit rasanya dan sulit bagi jiwa. Oleh karena itu, disini kita belajar untuk mengetahui secara singkat hal-hal yang membantu kesabaran sebagai penolak bisikan-bisikan jahat setan agar tidak menguasai hati kita.

Pertama : mengenal tabiat kehidupan dunia

Ketika seorang muslim senantiasa mengingat bahwa dunia bukanlah surga yang penuh kenikmatan, bukan pula negeri yang kekal, melainkan negeri cobaan dan beban, maka hal itu membantunya untuk bersabar dengan baik dan tidak terjerumus pada bencana dan kesedihan

Kedua : meyakini pahala yang baik di sisi Allah

Setiap kali kita mengingat pahala besar yang menanti di sisi Allah, kita akan bersabar dan rela menerima ketetapan dan takdir Allah. Kita akan rela menerima apa pun yang ditakdirkan oleh Allah bagi kita, bahkan tidak menutup kemungkinan, kita justru mensyukurinya.

Allah berfirman,

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Az-Zumar :10)

Allah juga berfirman,

“Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (An-Nahl:96)


Ketiga : Meyakini adanya jalan keluar

Hal ini menerangi jiwa yang diselimuti kegelapan tekanan batin dan dihantui momok keputusasaan, menerangi jiwa orang mukmin dengan cahaya kesabaran yang tidak pernah redup.

Allah berfirman,

“Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (Ath-Thalaq:7)

Dia pun berfirman,

“karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Alam Nasyrah:5-6)

Keempat : memohon pertolongan Allah

Orang yang bersama Allah berarti bersama segala sesuatu, sedangkan orang yang kehilangan Allah berarti kehilangan segala sesuatu.

Allah berfirman,

“Mohonlah pertolongan kepada Allah dan bersabarlah.” (Al-A’raf:128)

Kelima : menghibur diri dengan keteladanan orang-orang yang sabar dan bertekad bulat

Perhatian yang seksama terhadap perjalanan hidup para sahabat yang sabar dalam menghadapi aneka warna kesulitan hidup dan segala cobaan yang mereka derita dapat membantu kita untuk bersabar dan memadamkan api musibah dengan dinginnya air hiburan itu.

“Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (adzab) bagi mereka.”(Al-Ahqaf:35)


Keenam : memandang Remeh Musibah

Betapapun besarnya musibah yang kita derita, masih ada orang lain yang terkena musibah yang jauh lebih besar dari itu.

Nabi bersabda,

“Apabila salah seorang di antara kalian tertimpa sesuatu musibah, hendaklah dia mengingat musibah yang telah menimpaku. Itulah musibah yang terbesar.” (Ash-Shabr al-Jamil, karya Salim al-Hilali)

Sumber: Kehangatan Kasih Sayang

2 Tanggapan to “Hal-hal yang Membantu Kesabaran”

  1. rahman said

    bagaimana cara menahan sabar,sedang sabar itu kata x ada batas ?
    contoh x: ada salah satu tumbuhan katakan saja pohon gulma
    itu kan pohon yg mengganggu kehidupan yg lain?
    andai kan kita tak senang bagaimana menghindari x ?
    tolong beri kan saya penjelasan x..?terima kasih sebelum x.

  2. I like the helpful information you provide in your articles. I will bookmark your weblog and check again here regularly. I’m quite certain I’ll learn a lot of new stuff right here! Best of luck for the next!

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: