Baitul Ma'mur's blog

Menapaki Hidup Sejahtera Dunia Akhirat.

Anak lebih berprestasi dengan olah raga.

Posted by masjidbaitulmamur pada 6 Juni 2010

Ilustrasi:  Rutin melakukan aktivitas olah raga bukan cuma meningkatkan stamina tapi juga bisa meningkatkan prestasi di sekolah.  Karena itu para orangtua diajak untuk memberi dorongan dan kesempatan  bagi anak-anak untuk mengembangkan aktivitasnya. (foto: static.flickr)Ilustrasi: Rutin melakukan aktivitas olahraga bukan cuma meningkatkan stamina tapi juga bisa meningkatkan prestasi di sekolah. Karena itu para orangtua diajak untuk memberi dorongan dan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan aktivitasnya. (foto: static.flickr)
Rutin melakukan aktivitas olahraga bukan cuma
meningkatkan stamina tapi juga bisa meningkatkan prestasi di sekolah. Karena itu para orangtua diajak untuk memberi dorongan dan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan aktivitasnya.
“Penelitian menunjukkan olahraga bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta berpengaruh positif pada perilaku anak di kelas,” tutur Rosa Hertamina, psikolog olahraga dari Universitas Tarumanegara Jakarta.

Kegiatan olahraga juga efektif untuk memupuk sikap sportivitas dalam diri anak. “Anak akan diajar untuk menerima keberhasilan atau kegagalan dalam semangat yang positif. Anak juga bisa lebih percaya diri,” jelas Rosa dalam acara seminar parenting yang diadakan Frisian Flag di SD Negeri 2 Menteng, Jakarta.

Anak-anak yang menemukan gairah dalam olahraga dapat menjaga semangat ini sepanjang hidupnya menuju masa depan yang lebih sehat. Anak yang sudah dikenalkan dengan kegiatan olahraga juga cenderung akan tetap senang melakukan kegiatan olahraga hingga lanjut usia.

Ada berbagai cara untuk mengenalkan olahraga pada anak. Misalnya dengan mengikutkan anak pada klub-klub olahraga khusus anak. Berkaitan dengan hal tersebut PT Frisian Flag Indonesia sejak April 2010 lalu mengadakan kompetisi futsal Frischoolar Competition di 30 sekolah dasar di Jabodetabek, Surabaya dan Makasar. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya berprestasi. Entah itu berprestasi di kelas menjadi sang “juara kelas”, bidang olahraga, hoby, minat dan bakat.

Hasil penelitian menunjukkan, keterlibatan orangtua merupakan faktor penentu keadaan anak-anak di sekolah. Setidaknya ada 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak Anda agar berhasil dalam kelasnya :

  1. Ciptakan lingkungan yang mendorong semangat belajar. Bisa dengan menyediakan berbagai macam kesempatan sehingga mereka lebih senang belajar, misalnya dengan menyediakan benda-benda seperti puzzle sampai melukis di komputer. Hal ini penting untuk merangsang keingintahuan mereka.
  2. Menyediakan kehidupan yang seimbang. Rumah yang stabil, lingkungan yang kondusif dan penuh cinta, merupakan dasar yang kuat untuk membantu anak mendapat nilai yang baik di sekolah. Ini termasuk kesempatan anak mendapat tidur yang cukup dan makan teratur dengan gizi cukup. Batasi televisi dan video game agar waktu mereka tidak tersita oleh hal-hal yang tidak bermanfaat.
  3. Membaca setiap hari untuk anak Anda. Kebanyakan proses belajar yang dilakukan di sekolah mencakup masalah membaca. Secara tidak langsung dengan membacakan cerita kepada anak juga turut mengajar mereka membaca. Bacakan dengan suara keras bahan-bahan yang sulit untuk mereka baca sendiri agar bisa memperluas serta memperkaya kosakata dan pengalaman mereka.
  4. Dorong mereka membaca lebih dalam. Saat anak Anda melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi, mereka akan mempelajari segala hal yang berasal dari bahan yang dicetak. Semakin banyak anak membaca, kemampuan membacanya akan semakin baik. Pastikan terdapat beragam bacaan yang menarik di rumah Anda untuk mendorong kebiasaan membaca.
  5. Tunjukan bagaimana mengorganisir sesuatu. Anak-anak yang terbiasa teratur lebih mudah untuk sukses di sekolah. Salah satu cara terbaik untuk mengajarkan kemampuan mengorganisir sesuatu adalah melalui contoh. Tunjukkan kepada anak-anak bagaimana menggunakan alat-alat yang berhubungan dengan pengorganisiran seperti tabel tugas, kalender, buku catatan, binder dan tas punggung.
  6. Ajari mereka kemampuan belajar efektif. Kemampuan belajar dengan baik penting untuk mendapat nilai baik. Pastikan anak Anda tahu bagaimana membaca buku teks, mempersiapkan ujian, menghapal dan juga menggunakan waktu mereka secara efisien. Dorong mereka agar memiliki waktu rutin untuk belajar dengan menyediakan tempat belajar yang bebas dari gangguan.
  7. Dorong anak untuk mendengarkan dan berpartisipasi dalam kelas. Mendengarkan dalam kelas adalah jalan mudah bagi anak-anak untuk belajar. Nasihatkan anak Anda untuk rajin mencatat. Karena hal ini berguna bagi mereka agar dapat berkonsentrasi terhadap apa yang dikatakan oleh guru. Dorong pula anak Anda untuk ikut berpartisipasi dalam kelas – ini akan meningkatkan keinginan mereka dalam belajar.
  8. Bantu anak Anda mempelajari bagaimana menyelesaikan pekerjaan rumah. Mengerjakan pekerjaan rumah menguatkan apa yang telah dipelajari anak di sekolah. Tunjukkan kepada mereka bagaimana mengerjakannya. Dengan demikian pekerjaan rumah bisa menjadi bagian dari tanggungjawab mereka. Bantu mereka mempelajari tugas apa yang harus didahulukan. Beri penekanan bahwa setiap tugas itu merupakan pengalaman belajar.
  9. Bicarakan mengenai sekolah kepada anak-anak Anda. Anak Anda menghabiskan banyak waktu di sekolah setiap hari. Banyak hal yang akan terjadi selama waktu tersebut. Tunjukkan Anda tertarik mendengarkan cerita mereka dengan bertanya apa yang telah mereka lakukan di sekolah. Dan juga perbincangkan mengenai tugas-tugas yang dibawa ke rumah. Jika terjadi masalah, coba cari pemecahannya bersama anak Anda.
  10. Bangun hubungan yang baik dengan guru anak Anda. Komunikasi yang baik antara rumah dan sekolah membantu anak berkelakuan baik di sekolah dan membuat lebih mudah melihat suatu masalah. Pastikan untuk menghadiri pertemuan antara guru dan orangtua. Kunjungi pula kelas anak Anda. Menjadi sukarelawan di sekolah mereka juga bisa dilakukan untuk menolong para guru. Dan jangan lupa untuk mengekspresikan apresiasi Anda terhadap guru-guru atas apa yang telah mereka lakukan untuk anak-anak Anda. (fn/km/ma)
    Dikutip dari:www.suaramedia.com

2 Tanggapan to “Anak lebih berprestasi dengan olah raga.”

  1. semangat..salam kenall…

    thanks..

    di tunggu kunjungan baliknya

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: