Baitul Ma'mur's blog

Menapaki Hidup Sejahtera Dunia Akhirat.

Tolak flu

Posted by masjidbaitulmamur pada 22 Februari 2010

Mau Tangkis Flu, Makanlah Cabai

clip_image001[4]Mau Tangkis Flu, Makanlah Cabai

Musim hujan telah tiba. Tidak hanya banjir yang menghantui, berbagai penyakit yang biasa timbul akibat musim hujan juga mulai jadi ancaman. Salah satunya adalah flu.

Flu kadang sangat menjengkelkan karena sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ternyata banyak makanan maupun minuman yang dapat membantu menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit yang menghantui di musim hujan, termasuk flu.

Gandum adalah salah satu bahan makanan yang dapat menjaga kekebalan tubuh. Gandum terkenal kaya akan mineral. Untuk itu kita dapat mengkonsumsinya dengan menikmati outmeal, nasi atau roti gandum.

Selain gandum, mengonsumsi pisang juga dapat menjaga kesehatan. Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Untuk menambah B6 dalam tubuh, pisang dapat memakan langsung atau bisa juga dengan mencampurnya dalam sereal atau outmeal.

Cabai ternyata juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Cabai mengandung bahan-bahan aktif yang dapat membantu mebersihkan hidung sehingga dapat mengurangi kemacetan dalam hidung saat flu. Anda pun bisa bernafas dengan bebas. Untuk itu, jangan lupa tambahkan cabai dalam makanan, tidak hanya untuk sensasi pedas tapi juga untuk kesehatan. Tapi ingat, jangan terlalu banyak!

Selain gandum, pisang, dan cabai, ubi jalar juga merupakan bahan makanan yang baik untuk kesehatan. Ubi jalar merupakan salah satu sumber terbaik beta karoten yang dibutuhkan tubuh. Beta karoten digunakan tubuh untuk membuat sel-sel darah melawan infeksi.

Bawang putih yang sering kita temui di berbagai macam masakan juga bermanfaat bagi kesehatan. Allcin adalah komponen aktif bawang putih yang dapat menghalangi enzim dalam virus yang sering mengakibatkan infeksi. Mulailah membiasakan diri  membeli bawang putih dan mencampurkannya dalam masakan.

Tidak hanya makanan yang dapat menjaga kesehatan, minuman juga dapat menjaga kesehatan kita. Salah satunya adalah teh. Teh mengandung antioksidan tinggi yang dapat mengatasi sakit tenggorokan atau infeksi bakteri jika dikombinasikan dengan madu. Mulailah untuk mengganti kopi yang biasa dikonsumsi di pagi hari dengan teh yang sangat baik untuk kesehatan.

Laporan: Djamilah

VIVAnews –

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: