Baitul Ma'mur's blog

Menapaki Hidup Sejahtera Dunia Akhirat.

Gagal

Posted by masjidbaitulmamur pada 16 Februari 2010

Mengenali penyebab kegagalan

Banyak orang dihantui oleh takut gagal dalam mengerjakan sesuatu. Sering pula orang trauma dengan kegagalan sehingga membuat mereka gagal betulan. Menurut Napoleon Hills dalam bukunya Think and Grow Rich, sikap takut gagal itu sangat keliru. “Tidak ada orang sukses yang tidak mengalami kegagalan terlebih dulu,”ucapnya. Contohnya, Thomas Alva Edison, penemu terbesar dalam sejarah dengan 1.000 penemuannya. Ia gagal 10.000 kali membuat bola lampu sebelum akhirnya menemukan formula yang tepat.

Einstein pun pernah tinggal kelas dan tidak lulus ujian sekolah sebelum menjadi ahli fisika ternama. Begitu juga Abraham Lincoln yang sering disebut-sebut sebagai “jawara gagal”. Ia gagal berbisnis dalam usia 21 tahun. Kegagalannya berlanjut saat pemilihan wakil presiden dan senat. Toh akhirnya Lincoln terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat dalam usia 52 tahun. Ia termasuk Presiden Amerika yang paling dihormati karena jasa-jasanya.
Kesimpulannya, kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. Oleh sebab itu jangan pernah takut dengan kegagalan atau kekalahan. Semuanya itu harus menjadi cambuk bagi Anda untuk bekerja dan berusaha lebih baik lagi. Napoleon Hills berpendapat, resiko kegagalan dapat ditekan jika kita bisa mengenali penyebab kegagalan tersebut.
1. TUJUAN HIDUP YANG TIDK JELAS
Setiap manusia hidup harus memiliki tujuan. Jika hidup Anda kesatu arah tertentu, maka persiapkan diri untuk menuju arah itu. Kalau tujuan hidup Anda tidak jelas, Anda semakin dekat dengan kegagalan. Bagaimana mungkin Anda bisa mencapai satu tujuan jika alamatnya saja Anda tidak tahu, dan Anda tidak berusaha mencari tahu?
2. KURANG BERAMBISI
Ambisi penting untuk menambah semangat Anda mencapai tujuan hidup. Apabila Anda kurang berambisi, jalan Anda mencapai tujuan tersendat-sendat. Karena Anda tidak punya motivasi yang kuat untuk mencapai tujuan. Jika berjalan terlalu lambat, Anda pasti menemukan kegagalan.
3. PENDIDIKAN TIDAK MEMADAI
Di era teknologi saat ini, Anda sulit meraih sukses tanpa bekal pendidikan yang memadai. Pendidikan dapat mengasah intelegensia dan intelektual Anda, dan ia bisa mencegah Anda untuk gagal dan membantu Anda menggenggam sukses.
4. SIKAP MENTAL NEGATIF
Selama Anda selalu curiga dan iri hati dengan kesuksesan orang lain, jangan harap Anda bisa meraih kesuksesan yang Anda idam-idamkan. Sikap negatif akan merusak mental Anda dan menggiring Anda kepada kegagalan. Jadi Anda harus berpikir positif tentang diri Anda dan orang lain.
5. KURANG PERCAYA DIRI
Rasa percaya diri membantu Anda menggapai tujuan. Jika Anda tidak percaya diri, Anda akan selalu ragu dalam melakukan apa saja, kendatipun sesungguhnya Anda mampu. Sehingga Anda akrab dengan kegagalan. Rasa percaya diri yang pas akan membantu Anda menghilangkan segala hambatan untuk meraih keberhasilan.
6. TERLALU BERHATI-HATI
Banyak keberhasilan bisa diraih karena modal nekad. Kadang terlalu banyak pertimbangan dan hati-hati, malah membuat seseorang tertinggal dan gagal. Orang sudah sampai di garis finish, Anda baru berancang-ancang, akibatnya Anda tertinggal jauh.
(Harry Utomo)

(saukyia’s)

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: